uc browser diblokir dari playstore

Belakangan ini netizen disibukkan dengan topik bahasan soal UC Browser yang secara tiba-tiba menghilang dari Google PlayStore. Berita ini sampai hits di kalangan penikmat teknologi lantaran belum lama ini UC Browser meraih kesuksesan dengan mendapatkan 500 juta unduhan selama muncul di PlayStore. Tapi tidak lama setelah itu, UC Browser justru menghilang dari peredaran di PlayStore, dan saat ini hanya tinggal UC Mini yang ada di PlayStore.

Soal menghilangnya UC Browser dari PlayStore ini juga membuat banyak Blogger yang berbahagia lantaran selama ini fitur AdBlock dari UC Browser lah yang dianggap menjadi masalah sendiri bagi kalangan blogger, karena memang mereka tidak mendapatkan penghasilan diakibatkan karena iklan AdSense-nya saja tidak tampil.

Ada sebagian Blogger yang beranggapan bahwa dengan menghilangnya UC Browser dari PlayStore itu penghasilan menjadi naik. Entah itu hanya sugesti atau memang dikarenakan UC Browser yang menghilang dari PlayStore ini, namun logikanya, menghilangnya UC Browser di PlayStore tidak akan berpengaruh dengan penghasilan mereka.

Walaupun UC Browser menghilang di PlayStore, tapi perlu diingat bahwa UC Browser tidak hilang dari HP pengguna android.  Pengguna Android yang sudah menginstall UC Browser tetap bisa menggunakan aplikasinya lengkap dengan fitur AdBlock-nya yang dianggap jadi mimpi buruk bagi Blogger (publisher adsense).

Logikanya gini. PlayStore adalah toko dari UC Browser itu sendiri. Dan ketika UC Browser sudah kita pakai, dan suatu ketika UC Browser tidak dijual lagi di toko tersebut, kita tetap bisa memakai UC Browser itu. Jadi kalau begitu apa hubungannya UC Browser yang menghilang dari PlayStore dengan meningkatnya penghasilan AdSense? Itu mungkin bisa kita bahas di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini.

Karena mungkin saking bencinya dengan AdBlock milik UC Browser, ada beberapa Blogger yang menafsirkan bahwa dihapusnya UC Browser dari PlayStore karena fitur AdBlock yang dianggap mengganggu produk Google, yakni AdSense.

 

UC browser diblokir dari Playstore

Memang perwakilan Google Indonesia seperti yang dilansir oleh web Tirto.id, mengungkapkan bahwa aplikasi yang ada di Google Play harus mematuhi terms of service dari Google. Mungkin karena pernyataan itulah para Blogger menafsirkan bahwa fitur AdBlock dari UC Browser menyalahi ketentuan Google, itu tidak lain karena mengganggu produk AdSense dari Google.

Tapi penafsiran-penafsiran dan cocoklogi tersebut memang masuk akal. Apalagi antara Google dan Alibaba merupakan kompetitor yang cukup kuat. Pastinya diantara mereka akan bersaing dalam bisnis di dunianya ini.

Tapi karena adanya banyak penafsiran, kita juga harus cari tau masalah yang sebenarnya kenapa UC Browser menghilang dari PlayStore.

Google Indonesia ketika dihubungi oleh Tirto, tidak dapat memberikan komentar mengenai kesalahan apa dalam aplikasi UC Browser sehingga dihapus dari Google PlayStore. Pihak Google Indonesia hanya menjelaskan bahwa semua aplikasi yang ada di Google Play harus memenuhi TOS Google.

Tapi menurut pihak UC Browser, hilangnya aplikasinya dari PlayStore karena adanya pengaturan tertentu yang tengah disesuaikan dengan platform Google PlayStore. Bahkan dia bilang pihak UC sedang mengunggap versi terbaru dari UC Browser, dan saat ini masih dalam tahap evaluasi dari tim Developer Console di Google PlayStore. Jadi intinya alasan dari UC karena murni masalah sistem aplikasinya.

Tapi berita yang paling banyak tersebar saat ini tentang menghilangnya UC Browser dari PlayStore karena terkait pelanggaran privasi data pelanggan. Bahkan ada berita bahwa UC Browser diduga membawa lari data penggunanya tanpa persetujuan server dari China. Bahkan rumornya, UC Browser telah dicekal di India karena kebocoran data dan dugaan promosi berbahaya. Tapi seketika UC Browser membantah semua hal itu, dan menegaskan bahwa itu tidak ada kaitannya dengan penghapusan UC Browser dari PlayStore.

Berbagai spekulasi dari berbagai pihak, dan berbagai bantahan dari UC soal penghapusan UC Browser dari PlayStore ini menjadikan tanda tanya sebenarnya apa yang terjadi, kenapa UC Browser dihapus. Apalagi Google sendiri tidak mau membuka soal apa kesalahan dari UC Browser sehingga dihapus dari PlayStore.

Dan kita juga perlu tahu bahwa pada tanggal yang sama dengan UC Browser dihapus, Google telah menyebarkan peringatan ke banyak developer aplikasi terkait layanan Android Accessibility Service pada Aplication Programming Interface (API) pada Android.

Dalam peringatan yang dikirim, Google meminta developer aplikasi untuk menjelaskan apa manfaat layanan Android Accessibility Service pada aplikasi yang dibuat. Jika developer tidak menjawab pada 30 hari, maka Google akan menendang aplikasi tersebut dari PlayStore. Apa mungkin dihapusnya UC Browser dari PlayStore karena permasalahan Android Accessibility Service pada API Android tersebut?

Hingga saat ini itu semua masih menjadi pertanyaan. Karena memang banyaknya penafsiran dari banyak pihak soal UC Browser menghilang dari PlayStore tersebut.

Tapi kita bisa cari poin inti dari pembahasan ini, yaitu :

  • Bukan UC Browser yang menghapus aplikasinya dari PlayStore, tapi memang dihapus oleh Google.
  • Ada kesalahan dari UC Browser yang membuat aplikasinya dihapus dari PlayStore.
  • Rumor yang beredar karena pencurian data pelanggan, tapi itu dibantah oleh UC Browser.
  • UC Browser dihapus dari PlayStore karena AdBlock, itu mungkin tapi sangat tipis. Jika AdBlock benar-benar melanggar kebijakan Google, harusnya sudah dihapus sejak dulu.
  • Soal menghilangnya UC Browser dari PlayStore yang mempengaruhi penghasilan AdSense, mungkin itu hanya sugesti.

Menurut kalian karena apa sih UC Browser kok bisa menghilang dari PlayStore?

 

Hubungi Saya

Silahkan kirim e-mail untuk menghubungi saya.

Sending
Mantan adalah jodoh yang tertunda

Log in with your credentials

Forgot your details?