Abduh Lestaluhu, Pemain Super Greget yang Bisa Jadi Cerita Untuk Anak Cucu Kita

Masih ingatkah kalian dengan aksi super greget dari Abduh Lestaluhu ketika Final Piala AFF 2016 antara Thailand vs Indonesia? Yaps, pertandingan yang berlangsung di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand itu terjadi kejadian yang sangat menegangkan di menit-menit akhir. Dimana bek kiri Timnas Indonesia saat itu, Abduh Lestaluhu mendapatkan kartu merah karena secara sengaja menendang bola secara keras ke bench pemain dari Timnas Thailand.

Bagi kalian yang sudah lupa atau ketika itu tidak menonton, bisa melihat melalui video cuplikasi di bawah ini yang memang saat itu langsung viral karena aksi Abduh Lestaluhu yang super greget dan super berani.

Tindakan kurang sportif dari Abduh Lestaluhu itu disinyalir dikarenakan aksi dari para pemain cadangan Timnas Thailand yang memancing kemarahan pemain yang saat itu berusia 23 tahun tersebut. Pemain cadangan Timnas Thailand secara sengaja mengulur waktu permainan dengan cara tidak memberikan bola secara langsung kepada Abduh Lestaluhu. Bola yang diminta oleh Abduh ditahan oleh pemain cadangan Timnas Thailand, dan saat memberikan bola terlalu lambat kepada Abduh, padahal saat itu waktu sudah mau habis dan Indonesia dalam keadaan tertinggal.

Abduh yang sudah terpancing emosinya, langsung secara reflek menghujamkan bola kepada bench pemain Timnas Thailand dengan tendangan super keras. Karena aksinya tersebut, Abduh Lestaluhu langsung diganjar kartu merah oleh wasit.

Dan hal yang lebih greget lagi, Abduh mengacungkan jari tengah kepada para suporter Timnas Thailand yang menyorakinya saat iya digiring menuju ruang ganti pemain karena memang sudah mendapatkan kartu merah. Videonya bisa kalian lihat di bawah ini.

Meski itu merupakan tindakan yang salah dari Abduh Lestaluhu, dan sama sekali tidak dibenarkan atas aksinya tersebut, namun kebanyakan masyarakat Indonesia malah mendukung aksi dari Abduh Lestaluhu itu. Menurut sebagian orang, aksi tersebut bisa jadi karena reflek atas terpancingnya emosi Abduh kepada para pemain Timnas Thailand yang sedikit melambatkan permainan. Apalagi Timnas Indonesia ketika itu dalam posisi tertekan.

Mungkin tidak semua pemain yang memiliki mental dengan sangat berani seperti Abduh Lestaluhu. Meskipun yang dilakukannya adalah hal yang salah, namun mentalnya patut diacungi jempol. Dia sadar bahwa dia bermain di kandang lawan, dan berada di tengah puluhan ribu suporter Thailand, namun dengan mentalnya itulah banyak yang menyebut aksinya tersebut sebagai aksi super greget.

Meskipun bukan melakukan aksi yang membanggakan bagi Timnas Indonesia, dan sekarang sudah tidak jadi bagian dari Timnas Indonesia, namun nama Abduh Lestaluhu bisa kita ceritakan kepada anak dan cucu kita bahwa di tahun 2016 dulu pernah ada pemain Timnas Indonesia yang melakukan aksi super greget di hadapan para pendukung Thailand.

Saat ini mungkin aksi dari Widodo Cahyono Putro saat melakukan tendangan Salto ketika melawan Singapura di AFC Asian Cup tahun 1996 adalah aksi paling dikenang dan seringkali menjadi cerita untuk generasi milenial maupun generasi Z sekarang. Tapi pada generasi Alpha nanti, kita bisa menceritakan bagaimana super gregetnya seorang Abduh Lestaluhu.