Jangan Jadi Blogger, Itu Berat, Kau Tak Akan Kuat, Biar Aku Saja

Mungkin judul di atas sedikit mengambil dari fenomena Dilanisasi yang pada bulan Februari 2018 yang menjadi wabah bagi remaja di Indonesia. Ketika ada yang bilang jangan rindu, karena rindu itu berat, namun nyatanya ada yang lebih berat dari itu, yakni menghadapi kehidupan sebenarnya.

Pada buku Dilan 1990 yang ditulis oleh pakde Pidi Baiq yang sekarang sudah difilmkan tersebut, memang menceritakan kisah percintaan yang bikin baper antara Dilan dan Milea. Di cover buku itu adalah tulisan “Jangan rindu, rindu itu berat, kau tak kan kuat, biar aku saja,”. Tapi yang patut kita soroti adalah kejadian percintaan itu terjadi di masa SMA.

Kalau di masa SMA mungkin rindu terhadap seseorang sudah sangat berat, bahkan kita bisa melakukan apapun untuk bisa bertemu dengan seseorang yang kita rindukan di belahan bumi lain disana. Tapi ketika lulus SMA dan orang tua kamu tidak sanggup untuk menguliahkan kamu, nah disitulah kamu akan memulai kehidupan yang sebenarnya. Di masa-masa ini yang berat bukanlah rindu, tapi bagaimana bisa menjalani kehidupan yang sangat berat ini.

Terus apa hubungannya antara Dilan, kehidupan, dan judul di atas? Jangan salah sangka dulu. Baca terus sampai akhir dari dari artikel ini, maka kamu akan ngerti maksud dari artikel saya yang saya tulis di tengah malam ini.

Tips jadi blogger sukses

Saya menjadi terinspirasi menulis artikel tentang beratnya menjadi Blogger ini saat saya mengetahui kalau ada teman saya yang memang membutuhkan uang untuk keperluannya. Dan apa yang dia bilang? Ia ingin mencoba menjadi Blogger untuk mencari uang demi keperluannya sehari-hari tersebut.

Aku seketika berpikir keras jangan sampai dia jadi Blogger sebagai jalan pintas dirinya untuk mendapatkan uang. Yaps memang kita semua tau kalau dapat duit lewat Blog itu gak instan dan bisa dibilang cukup sulit. Apalagi jika pikiran kita sejak awal hanya ke Adsense, Adsense, Adsense, dan taunya cuma Adsense. Paling sebulan duabulan tigabulan ngeblog, abis itu udah pensiun lagi, karena memang diapprove AdSense saja sangat sulit, apalagi bisa mendapatan duit lewat adsense.

Padahal Blogger itu bukan cuma Adsense. Kita juga harus memiliki skill menulis yang pastinya dengan apa yang kita mampu. Kalau sudah nyantol kita mungkin bisa belajar bahasa HTML karena memang itulah bahasa paling dasar, dan mungkin kita juga bisa belajar SEO.

Tapi sebenarnya yang sulit dari ngeblog itu bukan AdSense, scriptnya, atau SEO-nya, namun adalah konsistensi kita dalam menulis. Saya bilang gini bukan karena saya ‘sok’ benar, tapi lihat saja di blog saya ini, saya sangat jarang sekali nulis, itulah kenapa saya bilang kalau hal yang paling sulit dari ngeblog itu adalah konsisten nulis. Jika sudah konsisten nulisnya, maka bisa lah kamu punya ambisi untuk mendapatkan duit dari blog, entah itu lewat Adsense, jasa review, maupun yang lainnya, itu semua tergantung keberuntungan dan nasib kita masing-masing.

Langkah jadi Blogger sukses seperti Master Suhu yang sering screenshoots Dashboard AdSense

Meme Blogger
Lupa ini karya siapa

Jujur saja pasti banyak Blogger yang mulai ngeblog beberapa tahun belakangan ini karena sebelumnya melihat screenshoots dari master yang sering pamer dashboard Google AdSense. Mungkin maksudnya mereka memamerkan SS tersebut agar kita semua jadi semangat lagi dan menjadi motivasi buat kita. Tapi kitanya saja yang terlalu berambisi bisa kaya seperti mereka, dan mengikuti langkah yang mashu (master suhu) ini lakukan melalui ebook premiumnya, meskipun kadang juga apa yang dilakukan tidak seperti itu.

Sebenarnya kalau mau sukses jadi Blogger ‘beneran’ itu cukup simple. Tapi juga ribet dan prosesnya akan lama. Tapi gak ribet dan gak terasa lama kalau ngeblog ini kamu jadikan sebagai hobi dan bukan kamu jadikan sebagai ajang cari duit. Pokoknya jogetin aja~

Yang pertama, kamu pastinya harus konsisten dalam update post di blog kamu. Setidaknya seminggu sekali, seminggu tiga kali, seminggu lima kali, sehari sekali, atau sehari dua kali, atau sehari sepuluh kali, yang penting kamu konsisten.

Kedua : Ketika kamu rasa sudah konsisten nulis, kamu baru tuh cari tahu bagaimana trik-trik agar diapprove Google AdSense. Seperti penambahan menu yang wajib, mengganti dengan template yang pas, atau yang lain sebagainya itu pastinya itu semua bisa kamu cari di Google, tapi bukan jaminan, kalaupun ditolak bisa ngajuin lagi kok saat itu dibenerin.

Ketiga : Kalau sudah diapprove oleh AdSense, kamu disini bisa langsung belajar apa yang namanya SEO. Itu kepanjangannya adalah Search Engine Optimization. Atau simpelnya adalah bagaimana caranya agar blog kamu bisa jadi peringkat pertama di posisi Google.

Nah dari situ tuh bisa berkembang ke gimana cara internet marketing, gimana cara gedein DA/PA, gimana menang di Alexa Rank, gimana dapet banyak job blogger, dan lain sebagainya.

Tapi sebagai catatan kalau teori di atas itu memang teori yang benar, tapi saya sangat sulit untuk mempraktikkan itu karena untuk konsisten nulis saja saya sangat sulit.

Kamu kalau jadi Blogger demi cari duit, maka yang jelas itu berat. Kamu mungkin tidak akan kuat, bahkan kamu bisa frustasi dan pensiun di tengah jalan.

Sengaja blog ini tidak saya daftarin ke Google AdSense karena memang dari awal saya ngeblog bukan untuk Google AdSense. Saya mungkin kuat sampai hari ini ngeblog karena saya gak ngebet banget untuk dapetin uang dari blog. Kalau sejak awal target saya adalah AdSense, saya mungkin sudah kolaps dari dulu. Terima kasih.

“Jadikanlah ngeblog sebagai hobi, kalau dapat duit anggap saja itu bonus”gak tau siapa penciptanya