Gimana Kabar Mobil Listrik di Indonesia? Yuk Lihat Diskusi Dari Pakarnya

Ada diskusi yang sangat seru dari pakarnya tentang roadmap perkembangan kendaraan listrik di Indonesia.

10 Juli 2018 yang lalu bertempat di Auditorium kantor pusat PT PLN (Persero) ada pembahasan yang sangat seru nih guys. Masih ingat kalian dengan kendaraan listrik beberapa waktu yang lalu yang sempat mencuat dan sekarang kabar itu hilang bak ditelan bumi? Yaps diskusi di Kantor Pusat PT PLN yang digelar oleh Bisnis Indonesia itu membawakan tema tentang Roadmap Perkembangan Kendaraan Listrik di Indonesia.

Bersama dengan teman-teman dari Komunitas Blogger Jakarta, aku mendengarkan diskusi dan paparan tentang perkembangan kendaraan listrik di Indonesia saat ini. Ada berbagai orang hebat yang ikut dalam diskusi tersebut. Siapakah mereka?

  1. Disana ada pak Faisal Basri. Beliau merupakan pakar Ekonomi yang siap memberikan paparannya tentang kendaraan listrik di Indonesia dari sisi ekonomi.
  2. Ada pula pak Yohannnes Nangoi yang merupakan Ketua Umum Gaikindo, sebuah asosiasi kendaraan motor di Indonesia yang siap memberikan paparannya tentang kendaraan listrik dari sisi industri otomotif.
  3. Pak Harjanto sebagai Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika juga hadir dan memberikan paparannya dalam acara tersebut.
  4. Dan yang pasti disana juga ada pak Sofyan Basyir sebagai Dirut PLN yang memberikan paparannya dalam perspektif PLN dan apa yang sudah dilakukan oleh PLN saat ini terkait kendaraan listrik. Namun karena pak Sofyan berhalangan hadir, maka diwakilkan kepada ibu Syofi.
Perkembangan Kendaraan Listrik di Indonesia
Shoot by: Robit MH

Sebenarnya disana dalam rencananya juga ada pak Airlangga Hartanto sebagai Menteri Perindustrian Republik Indonesia yang direncanakan menjadi Keynote Speaker, namun karena beliau berhalangan hadir, maka diwakilkan kepada pak Harjanto sebagai Dirjen Industri Logam.

Seusai keynote speaker memberikan sambutannya dan memberikan tanggapannya terkait dengan Perkembangan Kendaraan Listrik di Indonesia sekarang, diskusi pun dimulai oleh moderator yang merupakan Wapemred Harian Bisnis Indonesia, yakni pak Chamdan Purwoko yang memimpin jalannya diskusi tersebut.

Pak Faishal Basri yang merupakan pakar ekonomi memberikan paparannya yang cukup lengkap dari sisi Ekonomi. Melalui paparannya, pak Faisal Basri menunjukkan pandangannya terkait dengan kendaraan listrik di Indonesia. Menurut dari sisi ekonomi, mobil listrik merupakan elemen dari “New Economy” yang akan memajukan ekonomi di negara ini. Dan hebatnya juga ramah lingkungan. Menurutnya, mobil listrik akan menjadi kendaraan pilihan di masa depan.

Pak Yohannes Nangoi dari Gaikindo menjelaskan tentang Electric Vehicle yang sering disebut sebagai mobil listrik di Indonesia sekarang. Ia menjelaskan bahwa mobil listrik itu bukan hanya Electric Vehicle. Namun disana juga ada Hybrid EV, Plug-In EV, Battery Ev, dan Fuel Cell EV. Dia juga menjelaskan berbagai kekurangan dan kelebihan dari masing-masing jenis mobil listrik tersebut.

Bu Syofi dari PLN yang mewakili Pak Sofyan Basyir yang tidak dapat hadir, memberikan paparannya terkait perkembangan kendaraan listrik di Indonesia menurut PLN dan apa yang sudah dilakukan oleh PLN sekarang.

Jika beberapa waktu yang lalu sempat ramai tentang kendaraan listrik dan setelah dikulik-kulik yang paling lemah dari Indonesia saat ini adalah soal baterai dan pengisian baterai, bu Syofi menunjukkan bahwa PLN sudah gerak cepat dalam mengatasi permasalan itu.

Demi keberlangsungan kendaraan listrik di Indonesia, PLN sudah membuat beberapa stasiun pengisian baterai untuk kendaraan listrik di berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Ibu Syofi dari PLN juga menunjukkan bagaimana efektifnya kendaraan listrik ini jika ada di Indonesia.

Pak Harjanto dari Dirjen Kemenperin memberikan paparannya dari sisi industri otomotif. Ia meyakinkan bahwa industri otomotif merupakan sektor industri yang terbesar yang bisa untuk menambah devisa negara. Ia yang merupakan perwakilan dari pemerintah mengungkapkan bahwa sangat mendukung tentang keberadaan kendaraan listrik di Indonesia, namun ia harap dengan itu tidak merusak industri otomotif yang saat ini sangat berkembang di Indonesia.

Perkembangan Kendaraan Listrik di Indonesia
Shoot by : @jtriguritno

Memang kendaraan listrik di Indonesia saat ini masih belum berjalan karena memang banyak sekali kendala yang ada, baik dari sisi produksi maupun dari sisi regulasi yang dimana memang belum ada regulasi resmi yang mengatur tentang kendaraan listrik ini.

Inti dari diskusi tersebut, bahwa pemerintah diharapkan bisa mendukung secara penuh tentang pengembangan kendaraan listrik di Indonesia yang saat ini tengah terseok-seok.