Brutu bikin pikun

Jika kamu orang jawa, pasti kamu sering atau setidaknya pernah dilarang makan brutu oleh orang tua kamu kan? Alasannya sih katanya kalau makan brutu, kamu akan jadi pikun. Tapi sebenarnya ini mitos atau fakta sih? Nah, walaupun saya bukan Dokter maupun orang yang mengerti di bidang kesehatan, tapi melalui beberapa komentar dari orang-orang di Facebook yang membahas tentang hal ini, serta dari beberapa referensi yang saya dapatkan di Google, saya akan mencoba membahas bahwa sebenarnya makan brutu bisa bikin lupa itu mitos atau fakta sih? Bekicottt~…

Mungkin kalau yang bukan orang Jawa sedikit tidak mengerti jika kita membahas brutu. Jadi brutu itu adalah pantat ayam. Dalam dunia kedokteran, brutu atau pantat ayam ini dikenal dengan nama “Pygostyle”. Dalam bahasa sunda, pantat ayam disebut dengan nama “Tungir”.  Jadi sudah tau kan apa itu brutu. Intinya brutu adalah bagian paling belakang pada unggas.

Jadi jika di daerah jawa itu, brutu itu sangat dilarang untuk dimakan oleh anak-anak sampai kalangan dewasa. Katanya sih kalau makan brutu bisa bikin lupa, atau bahkan pikun. Entah di daerah lainnya juga ada mitos demikian atau tidak, yang jelas nyatanya sampai sekarang saya dilarang makan bagian pantat ayam tersebut.

Makan brutu bikin pikun, mitos atau fakta?

brutu bikin pikun

Brutu ayam

Dari sekian banyak orang yang membahas tentang brutu yang bisa bikin lupa itu, banyak yang mengatakan bahwa itu adalah mitos. Bahkan hampir semua orang mengatakan bahwa makan brutu dapat menyebabkan pikun itu adalah mitos. Tidak ada alasan logis yang bisa menjelaskan bagaimana bisa brutu bisa membuat seseorang bisa kehilangan daya ingatnya.

Menurut dr.Resthie Rachmanta Putri M.Epid, berdasarkan penilitian yang dilakukan oleh Nutrition and Dietaru Studies of America, brutu atau pantat ayam ini justru mengandung cukup banyak nutrisi. Brutu ini cukup kaya protein. Selain itu, dalam kandungan pantat ayam ini terdapat 11% zat besi, dan 8% kalsium. Bahkan secara nutrisi, brutu lebih bagus dibanding dada ayam. Karena dada ayam umumnya hanya mengandung 8% zat besi dan 2% kalsium.

Tapi jeleknya, brutu ini mengandung kelenjar penghasil minyak yang memiliki kandungan lemak  yang sangat tinggi. Menurut kesimpulan dari dr.Resthie, bahwa makan brutu atau pantat ayam itu boleh-boleh saja, asal tidak dilakukan secara berlebihan. Karena dengan kandungan lemak yang banyak bisa membahayakan bagi tubuh.

Jika anggapan bahwa brutu dapat menyebabkan kepikunan dan kelupaan terhadap mantan itu adalah mitos, apa yang membuat mitos ini ada dan berkembang? Oke mari kita bahas lagi.

Asal mula mitos brutu bikin pikun

Tapi yang cukup unik, adanya mitos tentang brutu yang dapat menyebabkan lupa tersebut nyatanya hanya tertuju untuk yang usianya masih anak-anak sampai beranjak dewasa. Yang usianya sudah menginjak 40+, banyak yang sudah tidak dilarang lagi makan brutu. Emang kalau umurnya sudah tua gakpapa pikun? Emang cuma anak-anak dan remaja saja yang tidak boleh pikun? Itulah kenapa mitos tentang brutu bisa bikin pikun itu tidak cukup meyakinkan.

Brutu bikin pikun

Asal mula muncul mitos brutu

Screenshoots pendapat dari orang di atas adalah alasan yang cukup logis kenapa sampai ada mitos bahwa brutu ini tidak boleh dimakan, terutama oleh anak-anak hingga dewasa. Bahwa sebenarnya brutu ini dikhususkan untuk orang tua karena merupakan bagian paling empuk untuk bisa dimakan. Dengan gigi yang ompong, tentu saja lansia sudah tidak kuat lagi makan daging ayam, maka dari itu brutu lah yang bisa dimakan, agar lansia juga masih bisa makan ayam. Maka dari itu, dibuatlah mitos demikian agar cucu-cucunya tidak memakan brutu yang neneknya makan. Karena itu pantat ayam adalah jatah nenek/kakeknya.

Entah karangan people jaman old itu benar-benar asal mula mitos brutu atau bukan, namun penjelasan tersebut cukup logis juga.

Tidak masalah bagaimana sejarah adanya mitos brutu bisa buat lupa ini, yang penting sekarang dapat diambil kesimpulan bahwa brutu tidak menyebabkan pikun. Namun kandungan kelenjar minyak yang ada di brutu itu cukup berbahaya juga bagi tubuh kita. Jadi orang tua kita benar juga jika melarang anak atau cucunya makan brutu.

Penjelasan diatas saya dapatkan dari pembahasan tentang mitos brutu di salah satu grup Facebook yang saya ikuti. Tentang kandungan kesehatan yang ada dalam brutu itu, saya dapatkan dari website klikdokter.com karena saya memang ingin mencari tahu tentang mitos brutu ini.

#Update

Brutu bikin pikun

Mitos brutu

Menurut orang di atas, ada daerah yang memiliki mitos bahwa brutu itu dapat mengakibatkan orang yang memakannya sering menyesal. Daerah mana itu? Bagi yang tau tolong kasih tau saya melalui kolom komentar di bawah.

Terimakasih.

  • Robit Mikrojul Huda

    Ku suku brutu dan rasanya enyak sekaleee

    • Zenal MuttaQien

      Gue.malah jijay ama bruu hahaha itukan pantat ayam wkwkwk

  • Zenal MuttaQien

    Kalau kata emak gue si, katanya nanti tuanya menyesal kalau anak muda yg makan…

Hubungi Saya

Silahkan kirim e-mail untuk menghubungi saya.

Sending
Mantan adalah jodoh yang tertunda

Log in with your credentials

Forgot your details?