Ketika Badan Pemeriksa Keuangan Sudah Melek Terhadap Blogger

2

Bagi Blogger, apa yang terjadi di Gedung BPK RI tanggal 15 Maret 2018 kemarin ini benar-benar sejarah yang sangat membanggakan. Ini bukan tentang Google AdSense ataupun page one di search engine Google, namun tentang bagaimana instansi pemerintahan bisa melek terhadap dunia informasi digital, utamanya adalah melalui tulisan-tulisan para blogger.

Biasanya kita melihat instansi pemerintahan itu seringkali terpisah dengan masyarakat biasa. Instansi pemerintah seringkali belum melek dengan perkembangan teknologi yang semakin terbuka saat ini. Banyak instansi pemerintah yang masih memakai metode konvensional atau yang disebut dengan cara zaman old.

Namun Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) berusaha menunjukkan bahwa tak selamanya instansi pemerintah itu menggunakan cara-cara zaman old. BPK RI menggandeng para blogger untuk menyebarkan data-data dan pesan-pesan positif dari BPK.

Badan Pemeriksa Keuangan
Sumber: mag.co.id

Sebenarnya BPK RI sudah memiliki media yang bisa diakses oleh banyak orang yang berisi tentang data-data yang berkaitan dengan tugas-tugas BPK. Namun celakanya, bahasa yang dipakai oleh BPK sangat teknis dan jarang dimengerti oleh masyarakat luas. Itulah yang menjadi tugas para blogger untuk menjelaskan dan menjadi validator terkait data-data yang beredar di masyarakat sesuai dengan sumber yang valid.

Untuk menunjukkan bahwa BPK ini siap menggandeng blogger dalam kawal harta negara, BPK membuat lomba blog dengan tema “BPK Kawal Harta Negara”. Lomba blog tersebut dimulai sejak 27 November 2017 hingga 12 Februari 2018. Dan pengumannya diberlangsungkan di Auditorium BPK kemarin tanggal 15 Maret 2018.

Lomba dengan hadiah total 25 juta rupiah tersebut berhasil diikuti oleh 250 peserta dengan 251 postingan di blognya masing-masing. Dan siapakah yang berhasil menjadi juara dalam lomba blog yang diadakan oleh BPK RI tersebut?

Photo by: Tigor Agustinus

Juara 1 lomba blog diraih oleh Alexander Arie Sanata Dharma yang memiliki blog di ariesadhar.com. Dengan judul “BPK Kawal Harta Negara Dengan Mendorong Akuntabilitas Keuangan Negara”, ia berhasil memenangankan hadiah uang tunai Rp 10 juta, dan pastinya dengan sebuah sertifikat penghargaan.

Sementara juara 2 diraih oleh Yesi Supartoyo dengan blognya yesisupartoyo.com. Tulisannya yang berjudul “Peran Generasi Milenial Kawal Harta Negara” bisa membawanya menjadi juara dua para kompetisi blog yang sangat bergengsi tersebut, karena diadakan oleh instansi pemerintah.

Juara 3 diraih oleh Lalu Arfian Rifai dengan blognya firstwinner.wordpress.com. Hebatnya, ia juga meraih gelar juara favorit I dengan postingannya yang lainnya. Sementara juara favorit II diraih oleh Bayu Satria Utama, dan juara favorit III diraih oleh Saiful Rijal Yunus.

Photo by : Tigor Agustinus

Pasca pengumuman pemenang lomba blog, acara dilanjutkan dengan diskusi blogger yang dibawakan oleh narasumber yang sangat expert, yakni Farchan Noor Rachman sebagai Travel Blogger yang membawakan tentang mengubah gagasan menjadi tulisan, Aulia Halimatussadiah atau Ollie sebagai Chief Content Zetta Media yang membawakan materi tentang personal branding, dan Dimas Novriandi sebagai expert blogger yang membawakan tentang mendapatkan uang dari blog.

Kumpul Blogger BPK
Sumber: bisnis.com

Diskusi demi diskusi yang dimulai sejak jam 13.00 WIB tersebut berlangsung sangat menarik karena menceritakan tentang bagaimana pengalaman ketiganya masing-masing. Para peserta yang menghadiri acara tersebut juga sangat antusias dengan diskusi tersebut. Buktinya, ada banyak pertanyaan yang diajukan oleh 8 penanya, dan semua pertanyaannya sangat bagus dan sangat bermanfaat.

Kita sebagai blogger patut berbangga dan berbahagia melihat bagaimana instansi pemerintah kini sudah melek terhadap blogger. Karena memang posisi blogger itu sangat strategis dan bisa membawa perubahan yang sangat signifikan dengan berbagai gaya tulisannya. Hal itulah yang diharapkan bahwa BPK bersama blogger bisa kawal harta negara Republik Indonesia ini yang tercinta.

2 Comments
  1. Sonya Tampubolon says

    bahkan beberapa pemenang pun blognya belum TLD, masih domain gratisan–berarti penilaiannya bener2 dari konten ya. salut buat upaya BPK menggandeng blogger, semoga diikuti oleh lembaga2 pemerintahan lainnya yaaa

  2. Monica Anggen says

    Kita sebagai blogger patut berbangga dan berbahagia melihat bagaimana instansi pemerintah kini sudah melek terhadap blogger. Karena memang posisi blogger itu sangat strategis dan bisa membawa perubahan yang sangat signifikan dengan berbagai gaya tulisannya.

    Paragraf terakhir ini mantap deh. Semoga kita bisa jadi blogger profesional ya, Mas, yang membantu menyampaikan berbagai hal positif bagi masyarakat luas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.