Cara Membuat Blog Powerful Dengan 5 Tools Dari Google Ini

Blog yang bagus tidak melulu tentang tampilan, tidak melulu tentang tulisan, dan tidak mutlak tentang posisi blogmu di Google. Tapi banyak hal yang bisa dijadikan indikator apakah blog tersebut sudah layak atau belum. Saya tidak bicara bagus, namun bicara layak karena bagus itu relatif, tergantung yang lihat.

Ada banyak indikator yang bisa dijadikan penilaian apakah blog kalian ini sudah layak atau belum. Apakah blog ini bersahabat dengan Google atau tidak, dan apakah blog ini gampang diakses atau tidak. Tapi gimana cara lihatnya? Apakah meminta testimoni dari banyak orang, atau gimana? Meminta orang banyak komentar tentang blogmu itu bagus juga karena kamu akan tahu apa kekurangan dari blogmu. Tapi kamu juga bisa cek sendiri performa blogmu melalui 5 tools rekomendasi yang disediakan oleh Google ini.

Dengan 5 tools di bawah ini, kalian bisa mengecek kesalahan blog kalian, berapa kecepatannya, apa saja yang mempengaruhi kecepatan, berapa pengunjung kalian dalam sehari, pengunjung kalian yang masih online saat ini, dan masih banyak kegunaan lainnya. Dan inilah 5 tools tersebut.

Google Webmaster

Cara membuat blog powerful

Didaftarin di webmaster jadi syarat mutlak apabila blog kamu ingin terindex Google. Setelah verifikasi blog kamu di webmaster, langkah selanjutnya yang kamu harus lakukan adalah submit sitemap blog kamu disana. Setelah itu gunakan fitur fetch as Google kalau postingan kamu ingin terindex di Google.

Di webmaster ini sangat banyak kegunaannya. Disini selain bisa membuat situs dan postingan bisa terindex, kalian juga bisa menargetkan pembaca anda di negara mana, dan masih banyak lagi kegunaannya.

Link: https://www.google.com/webmasters

PageSpeed Insights

Cara membuat blog powerful

Seperti namanya, layanan dari Google ini digunakan untuk test berapa kecepatan dari blog kamu. Alangkah baiknya kalau ngecek jangan homepage-nya doang, namun juga url postingannya. Karena PageSpeed Insights hanya bisa test dalam satu halaman itu doang.

Disana juga langsung diidentifikasi apa saja kesalahan di blog kamu kok bisa mendapatkan kecepatan segitu. Jika angkanya sudah 85 ke atas, maka kamu wajib bersyukur karena itu sudah dalam performa terbaik dan sudah tidak perlu pusing memperbaiki lagi. Tapi kalau tetap penasaran ingin tembus 100, ya monggo.

Link: https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

Mobile-Friendly Test

cara membuat blog

Nah kalau ini fitur dari Google yang dirancang khusus untuk mengujicoba apakah blog kamu friendly dengan tampilan mobile atau tidak. Jika situs kamu dinyatakan tidak mobile friendly, akan ada penjelasannya apa saja yang salah. Oh iya, kalau situs sudah mobile fiendly, sebaiknya langsung klik “Kirim ke Google” untuk meminta index di Google.

Link : https://search.google.com/test/mobile-friendly

AMP Test Validator

cara membuat blog amp

Sekarang zamannya tidak cukup kalau Cuma Mobile Friendly doang, jamannya sekarang ada Accelerated Mobile Pages (AMP) yang memang cara baru yang direkomendasikan oleh Google. Untuk menjadikan blog kamu menjadi AMP, kamu bisa cari di Google karena sekarang sudah banyak sekali tutorialnya. Tapi kalau kamu test apakah laman AMP kamu valid atau enggak, kamu bisa langsung menuju ke https://search.google.com/test/amp. Dan kalau gak valid, biasanya dikasih tau apa kesalahannya.

Chrome DevTools

Kalau kamu pake Google Chrome, kamu bisa menggunakan Chrome DevTools ini yang berfungsi untuk mengevaluasi kinerja situs web kamu tepat dengan browser yang kamu gunakan. Artinya bukan anonim seperti PageSpeed Insight. Kamu bisa cek sendiri secara manual bagaimana kode dari situs kamu mempengaruhi laman kamu, seperti kebanyakan JQuery atau gimana, itu kamu bisa menggunakan Chrome DevTools. Untuk dokumentasinya bisa dicek di https://developer.chrome.com/.

Sedikitnya itu dia 5 tools yang dibuat oleh Google untuk mendukung website kamu agar lebih powerfull dan bagus di mata Google. Jika dari 5 tools tersebut web kamu sudah dinyatakan bagus semua, bukan tidak mungkin situs kamu tersebut akan diprioritaskan oleh Google untuk di taruh di posisi atas.

Untuk cara-cara menggunakannya akan saya posting di lain waktu. Terima kasih dan mohon komentarnya.