Clickbait Cerdas, Jangan Sampai Ketauan Kalau Clickbait

Postingan saya kali ini mungkin akan sedikit bermuatan curhatan. Artikel ini saya tulis Selasa malam (4/4/2017) setelah saya membaca salah satu artikel orang yang ada di UC News yang sangat bermuatan unsur Clickbait. Bagi yang belum mengerti apa itu Clickbait sudah pernah saya bahas pada artikel saya sebelumnya di http://triguritno.id/topic/clickbait-technique.

Memang Clickbait menjadi teknik yang sangat populer akhir-akhir ini. Bahkan teknik ini sering dipakai oleh media mainstream sejak beberapa tahun yang lalu. Hanya saja baru populer di kalangan blogger, maupun citizen journalism beberapa tahun belakangan ini.

Saking populernya teknik ini, banyak orang yang menggunakan teknik ini bahkan hampir semua berita menggunakan teknik clickbait demi mendapatkan perhatian dari banyak orang. Dan intinya demi mendapatkan pengunjung dari banyak orang.

Untuk UC News sendiri sudah banyak sekali bahkan UC News sempat disebut sebagai platform media berita SAMPAH. Hal itu juga merupakan dampak dari banyaknya Clickbait itu sendiri. Dan juga disebabkan moderator atau tim editor yang kurang jeli dalam menentukan tulisan yang disetujui untuk dipublish.

Semua artikel Clickbait di UC News memang ada ketara dan ada pula yang tidak ketauan bahwa itu mengandung unsur Clickbait. Yang ketara bahwa itu Clickbait adalah yang menggunakan judul yang lebay. Biasanya diawali dengan kata Wow! Menarik! Hebat! Heboh! Keren! dan sebagainya. Atau diakhiri dengan kata Mengejutkan, Tidak Terduga, dan lain sebagainya. Kata-kata Clickbait yang lebay itulah yang sebenarnya tidak boleh. UC News sendiri sudah menghimbau dan kualitas konten akan dianggap jelek jika judul menggunakan Clickbait lebay seperti itu. Selain itu, Clickbait yang ketara biasanya antara Judul dan isi kontennya tidak sinkron / tidak nyambung.

Adapun Clickbait yang tidak ketahuan. Clickbait jenis ini bisa dilakukan dengan cara memutar berita dengan kata-kata yang lebih familiar di dalam masyarakat. Clickbait beginilah yang malah direkomendasikan oleh UC News. Kualitas konten tidak akan dianggap jelek, namun dengan mengandalkan judul akan mendatangkan pengunjung yang banyak.

Clickbait Cerdas

Contohnya, saya mengambil salah satu postingan saya yang menurut saya menggunakan Clickbait berkualitas. Dapat anda lihat di http://tz.ucweb.com/4_e3lF untuk bisa mengetahui artikel yang saya maksud. Disitu saya membuat judul “Beckham dan Brown Akan Bantu Indonesia Lawan Timnas Inggris”.  Padahal disitu Beckham yang saya maksud bukan David Beckham dari Inggris. Namun Beckham Putra Nugraha dari Persib Bandung. Namun dengan Beckham Effect itu artikel saya akan lebih membuat orang penasara, karena bagaimana mungkin Beckham kok bantu Indonesia.

Kata “Lawan Timnas Inggris” juga menjadi kekuatan di judul itu. Jika kalian baca artikel saya itu, sebenarnya Indonesia belum pasti lawan Timnas Inggris. Namun karena di dalam judul itu saya jelaskan secara detail bahwa Indonesia ‘kemungkinan’ bisa saja satu grup dengan Timnas Inggris, maka tidak akan ada yang memprotes artikel saya. Itulah kenapa saya bilang Clickbait yang tidak kelihatan.

 

Clickbait
Komentar dari orang-orang

Coba kalian bandingkan dengan artikel ini http://tz.ucweb.com/4_kRNF dan coba kalian baca bagaimana komentar dari orang-orang. Artikel dari akun bernama Hanny Aditya dengan artikelnya berjudul “Essien dan Cole Tak Betah di Persib Bandung? Ternyata Ini Pemicunya” sangat tidak nyambung dengan isinya. Meskipun tidak menggunakan Clickbait lebay namun artikel ini tetap kelihatan Clickbait karena artikelnya yang tidak nyambung dengan judulnya.

Tips:

  • Usahakan jangan menggunakan Clickbait lebay jika di UC News. Karena akan mengurangi kualitas artikel di mata tim editor.
  • Gunakan kata-kata populer yang sering digunakan setiap hari dan pastinya membuat penasaran.
  • Sebisa mungkin carilah objek yang membuat penasaran dari artikel tersebut. Dan jadikan judul.

Oke mungkin itu saja tips yang bisa saya bagikan. Jika masih ada yang ditanyakan atau perlu dibahas langsung saja komentar. Di bawah ini saya juga akan menyebutkan beberapa artikel saya di UC News yang menurut saya menggunakan Smart Clickbait. Jangan sampai ketahuan kalau kita baiters.

%d blogger menyukai ini: