Perhitungan Penghasilan Penulis UC News We-Media

Cara menghitung penghasilan penulis UC We-Media atau UC News ini banyak yang menanyakan dan bahkan bisa dibilang hampir semua orang yang menulis di UC News menanyakan tentang perhitungan penghasilan penulis UC News ini.

Kekepoan penulis UC News itu disebabkan karena tidak terbukanya UC News terhadap perhitungan penghasilan penulisnya. Selain perhitungan yang tertutup, terkadang perhitungan penghasilan UC News itu juga ‘tidak jelas’ dan tidak bisa dihitung secara matematis.

Saya mau cerita tentang penghasilan saya yang gak jelas dan sangat membuat ‘sakit hati’ bahkan sampai diputusin pacar 😀 . Saya pada awal-awal itu Cuma 9k viewers dapet $7. Terus minggu berikutnya 1,2juta viewers dapet $66. Dan yang membuat saya kaget, di minggu berikutnya lagi saya dapet 2,2juta viewers tapi penghasilannya cuma dapet $26. Gimana? Aneh bukan? Karena memang tidak bisa dihitung secara matematis.

Setelah saya cari tau sana-sini dan bertanya-tanya dengan orang yang kerja di UC News, ternyata sekarang saya paham apa masalahnya. Alasannya adalah sebagai berikut.

  1. Pada saat itu, iklan yang ada di UC News bisa dihilangkan dengan AdBlock di UC Browser. Dan pada saat itu banyak orang yang melihat melalui UC Browser. Intinya penghasilan kecil karena iklan tidak muncul. Tetapi untuk saat ini sepertinya iklan yang ada di UC News terkecualikan dari AdBlock UC Browser dan akan tetap muncul walaupun pakai AdBlock.
  2. Kualitas artikel juga menentukan penghasilan. UC News membagi keuntungan ke penulis 70-150% dan disesuaikan dengan kualitas artikel tersebut. Jadi kemungkinan pada saat itu artikel-artikel saya yang tinggi traffic kualitasnya tidak begitu bagus sehingga pembagian keuntungan penghasilannya sangat minim.
  3. Ada artikel yang plagiat. Memang pada saat itu, sebagian artikel plagiat yang berhasil lolos tidak dihapus oleh adminnya, dibiarkan saja tapi sebenarnya tim editor tau kalau itu artikel plagiat. Dan karena tidak plagiat 100% dan mungkin banyak kata yang diubah, maka hukumannya bukan offline, bukan peringatan, bukan banned, namun penghasilan pada minggu itu akan dikurangi.

Begitulah informasi yang saya dapatkan setelah saya mencari info sana sini tentang keanehan penghasilan saya pada saat itu. Terus saya juga mencari tahu tentang bagaimana sih perhitungan penghasilan penulis UC News We-Media. Dan saya mendapatkan beberapa informasinya sebagai berikut,

Perhitungan Penghasilan Penulis UC News

  1. Tergantung kualitas artikel

Lagi-lagi saya tekankan bahwa kualitas artikel yang kalian tulis juga sangat mempengaruhi penghasilan anda. Pembagian penghasilan antara 70-150% tergantung dengan kualitas artikel. Semakin bagus artikel anda, maka penghasilan anda juga bisa banyak. Tapi jika artikel anda asal-asalan dan bahkan copas, penghasilan yang anda dapatkan bisa 0% atau penghasilan pada post tersebut akan hangus.

  1. Banyaknya viewers juga mempengaruhi

Hal ini tentu saja juga sangat berpengaruh kepada penghasilan anda. Dengan viewers yang banyak, maka penghasilan anda juga pasti akan lebih besar. Namun aspek ini tidak mutlak karena sekali lagi juga dipengaruhi oleh kualitas artikel. Viewers gede tapi artikelnya abal-abal, bisa jadi kalian tidak akan dapet hasil apa-apa. Tetapi jika kualitas artikel bagus namun tidak ada viewers, juga sama kalian tidak dapet apa-apa. Artinya kedua aspek ini saling terhubungkan.

  1. Iklan yang muncul

Hal yang perlu kalian tau dari UC News ini tidak semua postingan muncul iklan loh. Jika sudah berhasil di monetizing tapi iklannya belum muncul, jangan bingung karena memang tidak semua artikel dari UC We-Media itu muncul iklannya. Yang jelas bukan iklan tongkol.

Untuk ini saya belum tau artikel yang gimana yang muncul dan gimana yang tidak, apakah random atau dipilih oleh tim editor, saya juga belum tau. Dulu ada yang bilang, yang muncul iklannya itu di artikel yang sudah dapet lebih dari 12k viewers, tapi ternyata itu mitos karena saya pernah artikel baru belum nyampe 1k viewers juga udah ada iklannya. Jika tergantung kualitas konten juga kayaknya bukan, karena suatu artikel kadang muncul iklannya kadang enggak, kadang artikel yang sama sekali tidak berfaedah juga bisa muncul iklannya. Ini yang masih menjadi misteri.

Jadi seperti itu perhitungan penghasilan penulis UC News. Tidak bisa dihitung matematis dan kita tidak tau gimana hitungannya. Jika masih bingung atau yang mau ditanyakan silahkan bisa ditanyakan di komentar.

Sekian dan terimagaji.

%d blogger menyukai ini: