The Power of Advertising

Pada artikel keempat saya kali ini akan mengulas tentang dunia periklanan dan apa sih pentingnya mengiklan. Oke, tentu kita semua tau akan persaingan di dunia periklanan juga tidak mudah, bahkan untuk mendapatkan perhatian dari orang-orang jauh lebih sulit dibandingkan dengan usaha mendapatkan perhatian dari seseorang yang disukai. Namun semua hal itu tergantung dengan kreativitas iklan itu sendiri.

Kenapa ngiklan itu penting?

Pernahkah kalian berfikir kenapa perusahaan super besar seperti Google dan Samsung tetap ngiklan dimana-mana? Bahkan produk dari Google yaitu Youtube yang sudah terkenal cukup lama pun masih saja diiklankan sampai saat ini. Kenapa seperti itu?

Pada aslinya mengiklankan sebuah produk atau brand itu bertujuan untuk memperkenalkan produk / brand itu sendiri ke seluruh masyarakat. Selain itu, visibilitas juga merupakan tujuan utama dari mengiklan itu sendiri.

Jika brand sudah terkenal, produk sudah terkenal, maka satu lagi hal yang harus ditawarkan di iklan tersebut yaitu informasi tentang suatu fitur ataupun informasi bahwa produk tersebut menawarkan layanan yang diunggulkan. Itulah kenapa perusahaan besar sekelas Google, Samsung, dan mungkin saja Apple terus saja mengiklan meskipun tanpa mengiklan pun sebenarnya sudah banyak yang mengenal mereka.

Jika Google tidak mengiklankan tentang Youtube yang mempunyai fitur menonton video secara offline, mungkin semua orang belum tau akan hal itu karena memang pada intinya yang semua orang tau menonton Youtube itu ya menonton secara streaming.

Jika Google tidak ngiklan tentang OK Google atau Google take voice, mungkin belum banyak orang tau bahwa kita bisa mencari di Google tanpa mengetik namun hanya dengan berbicara.

Dan jika Samsung tidak ngiklan tentang Samsung Galaxy S7, maka mungkin belum banyak orang tau kalo Samsung sekarang sudah sampai S7 meskipun kamu masih berjuang di S1. πŸ˜€ kamu iya kamu πŸ˜€

Nah itulah kenapa ngiklan itu penting karena tanpa iklan mungkin perusahaan besar pun tidak bisa memperkenalkan produk terbarunya secara cepat. Kalo dengan iklan kan bisa boost. Nah itulah kenapa FB Ads sekarang juga bisa laris πŸ˜€ dan bukan hanya perusahaan loh yang pake. πŸ˜€

Bagaimana ngiklan yang menarik?

Jika beberapa tahun yang lalu mungkin iklan yang penuh dengan makna dan asli menawarkan kelebihan dari produk tersebut bisa menjadi iklan yang sangat efektif dan menarik. Namun seiring perkembangan zaman, iklan seperti itu sudah terlalu membosankan dan ekstra boring.

Sekarang tipe iklan yang sangat efektif adalah iklan yang unik dan lucu, jadi lebih bisa menarik perhatian orang. Bahkan beberapa iklan yang β€˜tidak jelas’ namun unik bisa jadi viral karena ketidakjelasannya itu. Seperti Axis yang sejak dulu merajai periklanan Indonesia dengan beberapa iklannya yang sangat unik. Dan yang terakhir ini adalah iklan dari Bukalapak yang bisa menjadi viral seperti iklan β€œSakit Jiwa Harbolnas Bukalapak” dan β€œNego Cincai Bukalapak”.

Terimakasih sudah membaca artikel saya ini. Bonusnya di bawah ini saya kasih video iklan yang viral paling baru.

%d blogger menyukai ini: