Keuntungan Menulis Kategori Olahraga di UC News We-Media

Keuntungan Menulis Kategori Olahraga di UC News We-Media

Bagi kalian yang baru saja mencoba keberuntungan menjadi penulis UC News We-Media terkadang bingung kategori apa yang sebaiknya harus difokusin. Apalagi bagi kita-kita yang tidak memiliki kategori kesukaan atau tidak memiliki satu niche andalan yang sangat dikuasai, pasti bingung, seperti saya pada awal-awal mencoba keberuntungan di dunia berita online milik Alibaba ini.

Banyak sekali yang bertanya sebaiknya menulis tentang niche apa di UC News? Pertanyaan tersebut sangat sering ditanyakan karena memang UC News ini tidak sama seperti blog. Jika blog mungkin menulis niche gado-gado (campuran) masih punya viewers lah karena yang dilihat adalah tema artikelnya dan bukan tema blognya, meskipun banyak yang bilang tidak bagus.

Walaupun sama-sama tidak bagus menggunakan niche gado-gado, namun blog masih bisa sedikit berkembang, karena mungkin kita yang share manual, meskipun katanya di SEO tidak bagus kalau niche gado-gado.

Beda lagi dengan UC News atau UC We-Media ini. Jika kita menggunakan niche gado-gado atau campuran, kita akan sangat sulit mendapatkan viewers, karena salah satu syarat untuk mendapatkan indeks yang banyak adalah konsistensi.

Di UC News ini kita tidak usah capek-capek share artikel, karena pengunjung otomatis datang dari aplikasi UC News ataupun UC Browser yang katanya trafficnya ratusan juta per hari tersebut. Bisa sih di share, namun percuma capek karena traffic seribu, duaribu, tigaribu di UC News sama sekali tidak berarti.

Maka dari itu, banyak yang bingung menentukan niche atau topik pilihan untuk menulis di UC News atau UC We-Media ini. Karena ada kalanya kategori yang disukai, namun trafficnya sangat jelek. Hal itu memang dikarenakan tidak semua kategori di UC News memiliki traffic yang sama.

Salah satu kategori yang sangat direkomendasikan untuk ditulis di UC News adalah kategori Sport atau Olahraga, terutama membahas tentang sepak bola. Kenapa demikian? Berikut terdapat ulasan kenapa saya sangat merekomendasikan untuk menulis di kategori Olahraga.UC News Kategori Olahraga

Keuntungan menulis kategori olahraga di UC News:

  1. Memiliki viewers yang sangat banyak

Kategori olahraga ini bisa dibilang sebagai kategori unggulan di UC News. Karena terbukti sampai saat ini kategori olahraga memiliki jumlah viewers yang sangat banyak dibandingkan kategori lainnya (tergantung topiknya juga sih).

  1. Gampang jadi trending topic

UC News Kategori Olaharag
Contoh Topik Terhangat

Bisa kalian lihat sendiri di halaman UC We-Media pilih menu “Panduan”, lalu pilih All, hampir setiap hari salah satu topik tentang olahraga, baik itu Bola ataupun MotoGP selalu masuk jadi trending topic disana.

Perlu diketahui bahwa menu panduan tersebut merupakan menu yang akan menampilkan topik yang direkomendasikan untuk anda bahas. Dan pasti jika kalian lihat, ada topik berkaitan dengan olahraga yang pasti jadi trending disana.

  1. Tulisan yang simple dan tak banyak jumlah kata

Kenapa tulisan di kategori olahraga ini saya bilang simpel? Karena disana kalian menulis berita tulen (hard news) juga diperbolehkan meskipun sebenarnya tidak disarankan, karena takutnya akan sama dengan milik media mainstream, dan punya We-Media pasti kalah.

Jika anda menulis hardnews, tentunya tidak perlu banyak kata-kata yang anda tulis. Cukup minimal 150 kata saja, artikel anda sudah terbit asal tidak menyalahi aturan yang sudah ditetapkan. Namun, tetap seperti yang direkomendasikan oleh tim editor UC News, bahwa sebaiknya UC We-Media tidak menulis hardnews karena dikhawatirkan sama dengan media mainstream.

  1. Memiliki basis fans yang sangat besar

Kita sudah sadar bahwa pecinta sepakbola di negeri ini sudah sangat banyak. Meskipun mayoritas dipenuhi oleh kaum laki-laki, namun fans yang suka dengan sepakbola ini sangat luar biasa banyaknya, dan anda akan melihat saat banyaknya komentar yang hadir di artikel anda kategori olahraga di UC News.

  1. Gampang bersaing dengan media mainstream

Bermain niche bola atau olahraga, anda tidak perlu takut tidak masuk rekomendasi di UC News karena kalah dengan media mainstream. Hampir berbeda dengan kategori lainnya, di niche bola ini kehadiran media mainstream bisa sebanding dengan akun We-Media, bahkan ada kalanya halaman rekomendasi akan dipenuhi oleh postingan dari We-Media semua.

  1. Pendapatan yang tidak kecil

Bagi kalian yang sudah pernah bermain kategori Unik & Seru, dan sekarang bermain niche Olahraga, pasti merasakan perbedaan yang sangat berarti. Unik dan Seru memang diantara kategori lainnya memiliki jumlah viewers yang sangat banyak, tapi penghasilannya sangat jauh dari yang kita harapkan, bahkan kita sering merasa tidak adil antara jumlah views yang sangat banyak, tapi pendapatannya tidak sebanding.

Di niche Olahraga walaupun views-nya cukup banyak tapi tidak sebanyak Unik & Seru, namun pendapatannya cukup seimbang dengan jumlah views yang kita dapatkan. Berapa sih pendapatan yang biasanya diperoleh? Coming Soon masih akan saya posting di post saya berikutnya.

Tapi, tentunya di balik banyaknya keuntungan yang didapatkan dalam kategori Olahraga di UC News ini, tetap ada saja kerugian atau kelemahan kategori ini. Seperti jika anda tidak paham bola, maka akan sangat sulit untuk mengolah kategori ini, dan jika tetap anda paksakan untuk diolah, hasilnya sangat wagu.

Sementara itu keunggulan dan kelemahan kategori olahraga yang bisa saya sampaikan. Bagi kalian sahabat yang juga penulis UC News We-Media, bisa saling sharing soal suka duka kalian posting di kategori olahraga UC News, melalui kolom komentar di bawah ini.

Sekedar tambahan. Bahwa saya menulis ulasan di atas bukan merasa ‘sok’ mastah, paling pengalaman, atau bagaimana. Karena mungkin pendapatan saya masih di bawah kalian. Tapi, saya hanya sekedar ingin sharing tentang pengetahuan yang saya dapatkan murni dari pengalaman saya pribadi selama mengabdikan diri menjadi penulis di UC News.

%d blogger menyukai ini: