Cara Menghindari Deindex, Sandbox, Banned, Suspend, Disable, AME, DMCA, dan sebagainya

Ketika saya menelusuri timeline Facebook pagi ini terdapat status yang unik dan “menjengkelkan”. Disana terdapat sebuah akun yang mempertanyakan bagaimana cara menghindari deindex, sandbox, banned, suspend, disable, AME, DMCA, dan lain sebagainya. (gila banyak banget). Namun tidak apa-apa karena itu pertanyaan yang sangat masuk akal dan bisa untuk dijawab.

Sebelumnya mungkin anda masih ada yang belum tahu apa itu yang disebut deindex, sandbox, banned, suspend, disable, AME, DMCA, dan kawan-kawannya. Mari kita bahas pada postingan ini.

Deindex adalah disisihkannya artikel dari hasil penelusuran google. Bukan berarti artikel tidak diindeks oleh google. Artikel tetap terindeks oleh google namun tidak ditampilkan pada hasil penelusuran, melainkan dimasukkan ke dalam “hasil penelusuran yang disisihkan” di halaman paling akhir. Tidak mungkin pengguna akan membuka hasil penelusuran yang disisihkan tersebut. Dalam satu blog, tidak semua artikel kita disisihkan dari hasil penelusuran pada saat terkena deindex. Namun artikel yang selamat akan turun peringkatnya dan akan terusir dari halaman pertama google. (sumber: Juragancipir.com)

Google sandbox adalah suatu tindakan penalti Google terhadap suatu laman blog atau website yang di buang dari rangking pengindexan atau bisa di artikan sebagai penjara google yang menyedot seperti pasir hidup. Yang mengakibatkan blog tersebut tidak ditemukan di halaman berapakah beradanya blog yang terkena sandbox dari google tersebut atau dalam artian menghilang dari SERP pencarian google, dan ini jelas sangat berdampak negatif dan sangat merugikan terhadap blog itu sendiri. (sumber: websitekomputer.com)

Banned adalah tindakan memblokir akses dari suatu akun (dalam hal ini adalah blog) sebagai konsekuensi atas pelanggaran yang dilakukan oleh blog tersebut. Banned merupakan konsekuensi tertinggi dari pelanggaran suatu akun. Dari semua situs socmed, penyedia blog, marketplace, dan apapun itu yang menyediakan akun pasti terdapat konsekuensi banned banned akun jika anda melanggar aturannya. Dan biasanya hal itu bisa anda baca pada Terms and Conditions dari situs tersebut. (Sumber: ngarang sendiri)

Suspend adalah menghentikan atau mengnonaktifkan sesuatu baik itu bersifat sementara (menunda) ataupun permanen. Sedangkan arti suspend berarti sesuatu hal tersebut telah dihentikan atau dinonaktifkan aktivitasnya. Lalu definisi suspend suatu kondisi yang bersifat memaksa untuk meninggalkan pekerjaan, posisi, atau tempat untuk jangka waktu yang biasanya relatif singkat sebagai bentuk hukuman. (Sumber: definisimenurutparaahli.com)

Disable adalah perintah untuk menghentikan keaktifan (menonaktifkan) dari suatu akun agar akun tersebut tidak aktif kembali. Namun disable ini bersifat sementara. Dan jika ada salah satu akun anda (akun apa aja) yang terkena disable maka anda bisa mengajukan banding maupun negosiasi agar akun anda tersebut bisa enable (diaktifkan) kembali. (Sumber: logika sendiri)

AME adalah kependekan dari Ads Manager Error dan berarti akun facebook ads Anda dibanned atau diblokir dan tidak dapat anda gunakan kembali. Biasanya AME ini disebabkan karena anda melanggar aturan dari TOS Facebook Ads itu sendiri. Dan sebaiknya sebelum bermain Facebook Ads anda membaca TOS (Terms of Service) terlebih dahulu agar tidak terkena AME. (Sumber : mamatrahmat.com)

DMCA adalah singakatan dari Digital Millenium Copyright Act yang merupakan perusahaan yang mengurusi tentang duplikat konten dan artikel copy paste (intinya pelanggaran hak cipta). Jika anda copas artikel dan pemilik artikel yang anda copas melaporkan url postingan anda ke DMCA dan itu disetujui oleh DMCA, maka url postingan anda bisa deindex oleh Google. Bahkan yang lebih parahnya blog anda yang terkena deindex, dan yang lebih parah lagi jika anda menggunakan blogspot, blog anda bisa dihapus secara paksa oleh Google. (Sumber: pengetahuan sendiri)

Selain ketuju jenis konsekuensi pelanggaran tersebut, sebenarnya masih banyak konsekuensi yang bisa anda dapatkan jika anda melanggar aturan, namun kita hanya membahas ketuju jenis tersebut karena memang itulah yang sering muncul dan sering digunakan oleh suatu situs.

Bagaimana cara menghindari Deindex, Sandbox, Banned, Suspend, Disable, AME, DMCA?

Cara menghindari deindex dan sebagainya yang bisa anda lakukan adalah bermacam-macam dan itu semua bisa anda cari di Google karena sudah banyak blog yang membahas tentang cara menghindari dan mengatasi itu semua. Bisa dengan banding, menghubungi contact service, maupun dengan tips-tips dan trik-trik yang lainnya tergantung dari jenis hukuman, jenis pelanggaran, dan dimana anda melakukan pelanggaran.

Namun yang jelas untuk menghindari deindex, sandbox, banned, suspend, disable, AME, dan DMCA itu anda harus memperhatikan Terms of Service (TOS) dan pastinya adalah tidak melanggar aturan yang berlaku.

Mungkin banyak dari kita yang sering melanggar aturan karena kefrustasian kita jika taat aturan maka hasilnya jauh dari apa yang kita harapkan. Tetapi ingatlah kawan bahwa melanggar aturan banyak konsekuensi yang bisa anda dapatkan dan pastinya akan merugikan diri anda sendiri karena istilahnya tidak main bersih.

Untuk itulah kenapa saya beberapa bulan belakangan ini sudah tidak bermain yang melenceng dari aturan karena saya sudah merasakan sebagian dari konsekuensi itu seperti deindex, sandbox, banned, suspend, disable. Namun alhamdhulillah TIDAK pernah terkena AME dan DMCA karena memang saya tidak pernah bermain Facebook Ads dan tidak pernah copas. (numpang curhat).

Oke terimakasih sudah membaca artikel saya yang pertama ini di blog pribadi saya yang sebenarnya sudah saya buat beberapa bulan yang lalu. 😀 Semoga ada manfaat yang bisa kita dapat setelah membaca artikel-artikel dari saya.

Sekian dan terimagaji.

%d blogger menyukai ini: